Jumat, 12 Juli 2013

Menjadi Pakar TI

Menjadi seorang pakar TI, hal pertama yang sangat penting menurut penulis adalah passion (gairah), minat, kecintaan, kemauan, serta rasa “ketidak puasan” Sama seperti bidang lain, penguasaan bidang IT harus disertai dengan adanya keinginan yang menggebu-gebu. Mengapa Anda ingin menekuni bidang ini?

Penguasaan bidang IT tidak terjadi dalam waktu sekejap. Dia tidak bisa tercipta hanya dengan mengikuti sebuah seminar saja. Saya melihat banyak orang/siswa yang datang ke seminar dan kemudian berharap menjadi seorang jagoan. Ini sama seperti kita menonton pertandingan sepak bola dan kemudian pulang ke rumah berharap langsung menjadi jagoan sepak bola. Tidak bisa! Untuk menjadi pakar sungguhan dibutuhkan waktu tahunan, kecuali Anda mau sekedar menjadi "pakar" (atau sering juga disebut selebriti IT).

Belajar dan praktek merupakan metoda yang saya lakukan. Belajar di sini termasuk membaca buku, majalah, dan sumber referensi lainnya (kalau sekarang adalah Internet). Jika diperlukan, pelajari juga latar belakang teorinya. Praktek mencoba menerapkan apa yang Anda baca untuk meningkatkan ketrampilan (skill) dan memperkaya "perpustakaan" solusi Anda.

Jika kita berbicara tentang seorang Pemrogram komputer atau programer atau pengembang perangkat lunak adalah profesi yang menulis program menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, PHP, Javascript, Perl, C++, Python, VB.Net, Perl, Phyton dan lain-lain.

Pemrogram komputer umumnya dikelompokkan atas dua kelompok utama yaitu pemrogram aplikasi dan pemrogram sistem, juga bisa di bedakan melalui kategori pemrograman berbasis aplikasi dan pemrograman berbasis web. Pemrogram aplikasi menulis program untuk menangani sebuah tugas khusus seperti program untuk melacak persediaan barang dalam suatu organisasi. Pemrogram sistem menulis program yang berfungsi untuk memelihara dan mengendalikan perangkat lunak sistem komputer seperti sistem operasi dan sistem manajemen basis data. Pemrogram sistem membuat program yang menentukan bagaimana jaringan komputer, komputer dan CPU bekerja.
 
Nama :  Risyad Radithia
NPM  : 13109637
Kelas  : 4KA14

sumber  : http://angkatan-sepuluh.blogspot.com/
                http://budi.insan.co.id/articles/menjadi-pakar/ (Budi raharjo)
                http://id.wikipedia.org/wiki/Programer


Tidak ada komentar:

Posting Komentar